Selasa, 15 Maret 2016

Objek Wisata Pemandian Air Panas Guci di Tegal

Kota Tegal yang cukup terkenal dengan penduduknya yang memiliki aksen bicara khas ini terletak di pulau Jawa tepatnya di Jawa Tengah. Kota Tegal ini memiliki kebudayaan Pawai Ancak Sedekah Laut yang dilakukan sebagai rasa syukur para nelayan kepada Tuhan dengan memberikan sedekah laut berupa kepala kerbau, makanan dan minuman serta sesaji bunga dan buah-buahan. Pawai ini biasa dilakukan dengan mengarak sesaji ini keliling jalan.

Pemandian air panas Guci
Selain memiliki kebudayaan yang khas, kota yang sering mendapat julukan Kota Ngapak ini juga memiliki beberapa tempat wisata yang cukup terkenal seperti Curug Putri, Taman Poci, Kompleks Pantai Alam Indah, Gunung Tanjung dan juga Gua Lawet. Namun, masih ada satu lagi tempat wisata di Tegal yang bisa dan wajib anda kunjungi, yakni Pemandian Air Panas Guci. Obyek wisata ini cukup terkenal karena panorama alam yang disuguhkan cukup menarik dan memiliki hawa sejuk khas pegunungan.
Obyek wisata Pemandian Air Panas Guci ini memiliki banyak pancuran yang dipercaya oleh masyarakat setempat dapat menyembuhkan penyakit tertentu seperti penyakit kulit, koreng, dan juga rematik. Terdapat 10 air terjun di kawasan Pemandian Air Panas Guci ini. Pada bagian atas obyek wisata ini ada juga air terjun Jedor yang dulunya milik seorang lurah Jedor. Anda bisa menyewa kuda untuk mengelilingi obyek wisata ini dengan harga sewa yang tidak mahal.

Pemandian air panas Guci1
Pemandian air panas Guci1
Selain itu, fasilitas yang ada di kawasan Pemandian Air Panas Guci ini tergolong cukup lengkap, seperti penginapan, hotel kelas melati, villa, losmen hingga hotel berbintang. Tentunya fasilitas yang diberikan di setiap penginapan tadi berbeda-beda, tergantung dari pilihan dan harga yang anda inginkan. Di obyek wisata ini ada juga wisata hutan, lapangan tenis, kolam renang dengan air panas, lapangan sepak bola dan juga tempat perkemahan pelajar. Ada hal yang menarik lainnya di obyek wisata ini, yaitu terdapat wisata baru pemandian air panas Guciku Hot Waterboom, yang merupakan wahana permainan air lengkap meliputi kolam renang, kolam badan Guci, kolam rendam, arus jeram. Di Guciku Hot Waterboom juga disediakan fasilitas ruang bilas/ ganti, restoran, penginapan, dan pertokoan yang menyajikan souvenir dan pernak pernik yang bisa anda jadikan oleh-oleh.
Obyek wisata Pemandian Air Panas Guci ini cukup ramai dikunjungi pada hari Kamis malam, yang keesokan harinya merupakan Jum’at Kliwon. Mitos yang berkembang, anda bisa Ngalap Berkah dengan mandi sekitar jam 12 malam dan memohon sesuatu di sini, sehingga apapun permohonan anda akan dikabulkan. Kepercayaan semacam ini sudah terjadi secara turun temurun. Tersiar kabar bahwa air panas itu terjadi setelah seorang sunan utusan Walisongo menancapkan tongkatnya ke tanah dengan membawa air panas di dalam guci tersebut, maka keluarlah air panas ini atas izin Tuhan.

Pemandian air panas Guci2
Pemandian air panas Guci2
Akses ke tempat wisata Pemandian Air Panas Guci ini bisa ditempuh dari Kota Semarang. Wisatawan bisa menaiki bus dengan jurusan Semarang-Tegal ataupun kendaraan pribadi untuk menuju obejek wisata ini. Jika sudah sampai di terminal kota Tegal, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi umum atau minibus ke Desa Tuwel. Jarak tempuh menuju desa ini sekitar 30-40 menit. Kemudian dari Desa Tuwel, wisatawan bisa melanjutkan dengan menumpangi kendaraan bak terbuka ke Pemandian Air Panas Guci sekitar 30 menit.
Untuk masuk ke Pemandian Air Panas Guci ini, anda akan dikenai tiket masuk sebesar 5000 ribu untuk dewasa dan 4500 ribu untuk anak-anak. Harga tiket tersebut sudah termasuk asuransi jasa raharja dan hanya berlaku di hari biasa saja. Sedangkan harga tiket pada libur nasional atau tanggal merah, orang dewasa akan dikenai biya 7000 ribu dan 6500 ribu untuk anak-anak. Harga tersebut juga sudah termasuk asuransi jasa raharja untuk para pengunjung.

1 Komentar:

Pada 3 Maret 2022 pukul 10.05 , Blogger wadswurthyank mengatakan...

Playtech Slots | Casino, Live Dealer & Table Games - Mapy
Visit Mapyro for the latest Slot Games, with the 통영 출장마사지 most exciting and exciting slot game offerings. The game 대구광역 출장샵 developers 광주광역 출장안마 at Mapyro 충청남도 출장샵 offer more 의정부 출장안마 than 3000 slots and

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda